Nashir Trip | Bandung – Jakarta – Bangkok
520
single,single-post,postid-520,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,smooth_scroll,,qode-theme-ver-2.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.7.4,vc_responsive
 

Blog

2014_04_22_16_11_31

Bandung – Jakarta – Bangkok

  |   Backpackeran Dalam Negri, Backpackeran Luar Negri   |   6 Comments

Day 1 – 22 April 2014

Akhirnya ke Bangkok juga… :)

 

 

Setelah semua persiapan beres jam 08.00 aku di anter s papah naek motor ke Primajasa Batununggal, karna berangkat ke Jakarta harus naik bus dulu dari Bandung (Yaiyalah masa mau jalan kaki heu*)
08.30 sampai lah di tempat, masih ada waktu setengah jam menunggu, karna aku pesen ticket bus yang jam 9.
Hebat nya aku udah tau mau berangkat masih sempet-sempetin mau meeting sama client yang rumahnya kebetulan ga jauh dari Primajasa Batununggal, Aku tungguin sampe jam 08.45 belum datang juga tiba-tiba nelpon katanya mobilnya di pake Ayah nya ke Jakarta terus motor nya gak nyala #euh tau Ayahnya ke Jakarta mah aku ikut naik mobil dia aja wkwkwk. Ga jadi deh meeting nya karna udah jam 9 aku mau berangkat (OK Skip gapenting)
Jam 09.00 Bus mulai melaju dari Bandung, karna gak macet jam 13.00 udah sampe di Bandara International Soekarno-Hatta Jakarta. Pas liat Boarding Time ternyata jam 16.05 oke Nge-Bangke 3 Jam #arrgggHHHH!!!!!
Ya udah lah masuk aja, ceritanya #eh bukan ceritanya, faktanya ini pertama kalinya aku masuk ke Airport ini,
So bingung mau kemana, ngapain dan nungguin dimana,-
Tanya ke petugas “Pa kalau mau checkin AirAsia sebelah mana?”
S petugas nunjukin.
Terus aku pencet-pencetin tuh mesin self-checkin nya, Pas udah masukin Kode Booking muncul lah nama aku hehehe terus mau aku pilih ko ga bisa-bisa Zzz,- Aku pindah ke mesin self-checkin sebelahnya masih tetep sama, gak lama petugas datang.
“Pa ini ko ga bisa yah?”
S petugas jawab “Coba masukin lagi kode booking nya udah betul belum?”
Aku jawab lagi “Udah pa, ini udah muncul nama saya, tapi ga bisa di klik”
Petugas “itu yang di tangan kamu apa?”
Aku “Boarding Pass pa”
Petugas “Kalau udah ada Boarding Pass berarti udah, ga usah checkin lagi”
Aku “Oh iya yah bego lupa wkwkwk, Maksudnya checkin mau masuk ke Imigrasi & bayar Airport Tax pa…”
Petugas “ohh langsung ke atas aja”
Aku “Sip, Nuhun (:”

Langsung naik eskalator ke atas udah itu ga ngantri masih kosong karna mungkin emang masih lama 3 jam lagi, Tapi untung di bolehin masuk, Waktu itu di Bandung mah waktu mau ke KL 1 jam sebelum baru boleh masuk Imigrasi lah. Setelah dapet cap langsung bayar Airport Tax Rp 150.000,- Masukin tas ke mesin scanner… Parfum Aman, Minuman suruh di abisin #eh botol kecap aku masih penuh, masih baru di tahan lah #arrgggHHHH padahal setiap berpergian kemanapun aku selalu bawa tu botol kecap, apalagi katanya di Thailand makannya pedes-pedes.
Ya sudah lah tak apa #Nasib ga beli bagasi.

Udah clear semua bingung deh ngapain, tinggal nunggu 3 jam. Ya udah Internetan aja mumpung masih ada paket Indobangsat *uppsss dan koneksinya masih cepet dalam terminal ini haha. 3 Jam internetan pasti abis nih batre, terus ntar di Bangkok aku gimana ? sementara map & semua data ada di telepon pintar ini. Stop dulu internetan jalan-jalan dan akhirnya nemulah colokan listrik #Yeah nemu colokan listrik gratis di saat batre kritis itu serasa nemu pacar dan langsung jadian setelah 3 tahun lebih menjomblo ( bahagia banget… apaan ga nyambung, Skip)
Karna di rasa udah aman, aku sholat dulu aja di mushola nya kebetulan dari tempat nge-cas HP ga jauh heheu. Selesai sholat aku baru inget kalau aku harus ke ATM ngambil uang dan nukerin uang ke Bath buat tambah-tambah takut kurang.
Tanya lah ke petugas “Mas kalau ATM BCA ada?”
Petugas “ada tapi di bawah…”
Aku “Uhh ga bisa keluar lagi yah? kalau mau nuker uang gimana?”
Petugas “Ga bisa, kalau mau nuker uang nanti aja di Bandara Don Mueang ada ko Money Changer”
(sebelumnya aku udah bilang tujuan aku ke bangkok)
Aku “Ah Oke”

2014_04_22_13_50_53

Sambil nunggu aku coba foto selfie dulu sama main video call-an aja sama Team IT aku yang di Bandung pake Google Hangouts cuman mungkin karna pake Mobile Network jadi kurang bagus & putus-putus. Ah udahan aja lah matiin internetnya sebentar lagi berangkat. Tiba-tiba ada sms masuk seperti ini :

Screenshot_2014-04-22-14-17-53

2 hari yang lalu aku mesen online powerbank di lazada untuk aku bawa ke Thailand #eh inih aku nya udah di jakarta, mau flight ke Bangkok barang nya baru nyampe rumah Zzz,- percuma deh beli juga -___-

Oh iya pas masih menunggu penerbangan tiba-tiba ada kakek-kakek yang pake tabung oksigen gitu, dan katanya ga boleh di bawa ke pesawat, padahal aku tau banget itu kalau ga pake tabung oksigen dia susah nafas dan bakal ke kurangan udara. Tujuan dia flight ke Penang sekitar 2 jam, dan saya salut s kakek ini nyanggupin tabung nya ga dibawa dan dia bakal bertahan 2 jam di pesawat tanpa tabung oksigen.
(Jadi inget mamah, dulu mamah ga bisa sedikitpun lepas dari yang namanya tabung oksigen, lepas dikit sesaknya pasti kambuh huu I Miss You Mom, Now I will realize the dream and my promises to you)

Jam 16.05 AirAsia tujuan Bangkok di persilahkan masuk Gate, udah itu berbondong-bondong orang pada ngantri tuh, penuh karna berbarengan dengan yang tujuan Singapore. Setelah yang tujuan Singapore sebagian naik bus, yang tujuan Bangkok sebagian di suruh masuk duluan ke bus belakangnya, Aku lumayan bingung takut salah naik bus, Waktu di Bandung mah ga pake naik bus-busan tinggal jalan aja ke pesawat, Ah sudah lah biarin masuk aja. Di dalem bus baru deh aku tanya “Bangkok ?” yah bener kata seorang gadis berkacamata #ehm
#ah syukur lah udah itu masuk pesawat dan masih kosong, aku kebagian duduk seat no 20A paling pojok deket jendela, berharap banget orang yang duduk sebelah aku orang indonesia / bule yang sama-sama mau backpackeran di Bangkok, soalnya ini pertama kali ke Bangkok dan sendirian haha janjian sama temen di Bangkok baru besoknya, itu juga kalau ketemu haha sudahlah berdoa saja, gak lama cowo bule berpakaian rapih duduk sebelah aku #argh kurang beruntung euy bukan seorang backpacker, ok semoga sebelahnya lagi backpacker… gak lama perempuan berpakaian sexy duduk #ah ntah dia backpacker atau bukan lagian kalau mau nanya juga terhalang sama s bule elit ini wkwkwk. sudah lah gimana ntar aja di Bangkok mau gimana-gimananya mah #pasrah,-

Hampir jam set 5 baru flight, lumayan ngaret lah… perjalanan sekitar 3 jam dan kita sampai di Don Mueang Airport malem jam 8 lebih.
Masuk Airport, Oke sip kebanyakan “tulisan cacing” semua haha tapi jadi senyam-senyum sendiri baru juga kemarin nonton film “Love at First Flood” yang syutingnya di Bandara ini #eh hari ini aku ada disini wkwkwk
WELCOME BANGKOK… Yeah (:

Udah itu pas mau masuk imigrasi ketemu seorang perempuan bersama seorang lelaki yang kayanya gak asing alias pernah aku liat dia, Pas di deketin bener aja dia yang kemaren aku liat pas beli ticket bus di Primajasa.
Aku tanya aja “Teh ke Bangkok juga ?”
S teteh nya jawab “Eh, iya bla.bla.bla.bla”
Terus s teteh nya nanya “A kerja dimana ?”
Yeah di Bangkok ada juga yang manggil aku “Aa” wkwkwk : aku bisnis IT sama photographer teh. teteh nya sendiri?
Teteh: “Ya, aku di primajasa nya haha”
Aku : Oh pantess hahaha. Berapa hari disini, stay dimana ?
Teteh : Cuman 2 hari euy susah cari cuti ini juga nyuri-nyuri waktu haha (terus dia nyebutin tempat tinggal dan tujuannya cuman aku lupa)

Udah itu kita masuk Imigrasi lalu tanya ke bagian informasi, di bagian informasi masih bisa nanya pake bahasa inggris ah syukur lah, udah itu kita keluar nyari bus di luar udah muter-muter bingung mau naik apa. Akhirnya s teteh ini nanya lah ke supir bus yang lagi nongkrong pake bahasa inggris, supir bus nya ga ngertieun wkwkwk
“Ternyata gak mimpi, ini beneran aku ada di Bangkok (:”
Kelamaan pa bingung-bingung, Aku nyeletuk :
Sawassdee Krub (Salam)
Phom chue Nashir Krub (Nama saya Nashir)
Phom macark prathed Indonesia Krub (Saya dari Indonesia)
Withi Kar Ekkamai? (Bagimana menuju Ekkamai?)

S teteh sama s Aa nya ini ngehuleung ngeliatin aku bisa phasa thai
Aku cuman ngangkat alis aku aja sambil senyum heheu. Hampir tiap hari aku nonton film thailand, sedikit-sedikit mah aku bisa lah (:

S bapa ini jawab : “Bus A1 bla.bla.bla aku ga tau dia ngomong apa lagi wkwk” pokonya sambil nunjuk ke arah sana.
Aku jawab lagi : “Khob Khun Krub (Terimakasih)” sambil melipat tangan dan menundukan kepala (budaya thailand)
S teteh bilang : “haha keren, bisaan wkwkwk”

Kita langsung jalan ke tempat yang di tunjuk sama s bapa tadi, Cuman masih belum ada bus nya, jadi kita muter-muter, terus kita balik lagi karna ada “kenek” perempuan yang turun dari bus bilang Mochit, Mochit. Kalau gak salah aku di kasih tau sama temen-temen Grup Backpacker Dunia naik bus dulu ke Mochit terus naik BTS ke Ekkamai, Ya udah aku samperin tuh s “kenek perempuan” kebutulan di sebelah dia berdiri ada rute map yang besar.
Aku tanya aja “Ekkamai?”
S Ibu kenek jawab pake phasa thai sambil nunjuk rute yang ada di map yang artinya kalau gak salah “Naik Bus ini ke Mochit, dari Mochit naik ke atas ke BTS Station terus naik BTS sampe ke Ekkamai” hahaha gak tau bener, gak tau salah artinya, pokonya aku ngartiin gitu.
Ya udah aku langsung naik aja ke bus, Sementara s teteh & s Aa yang dari Primajasa masih bingung karna beda tujuan sama aku, Setelah mereka tanya-tanya, ternyata tujuannya sama  harus naik bus ini dulu sampe Mochit,
Di Mochit barulah kita misah.

IMG_20140422_204519

Udah penuh bus nya, Bus pun langsung melaju,
Gak lama s Ibu nagihin ongkos nya sambil bawa kecrekan, (Kaya di film-film thai yang sering aku tonton haha)
Karna aku gak tau harganya berapa aku tanya aja : Thaw rai – Krub? (Harganya berapa?)
S Ibu kenek jawab : Thirty Bath (30 Bath)
Aku kasih aja uang 1000 bath, Karna emang aku gada uang receh cuma bawa 5 lembar 1000an haha
s Ibu nya senyum, sambil ninggalin (mungkin nanti lagi, nagihin ke yang lain dulu)
Terus s teteh sama Aa ini nanya berapa, berapa ?
30 bath kata aku, Mereka berdua ngasihin uang yang sama 1000 bath untuk ber 2 wkwkwk s Ibu nya senyum lagi, Udah tau tadi aku juga gada kembalian haha. Nagihin dulu deh ke yang lain, Terus udah ada kembalian s ibu nya balik lagi ke aku, Aku kasih 1000 Bath di kembalian 970 Bath, Aku langsung bilang : Khob Khun Krub,
S Ibu jawab : Khob Khun Kha (: Emang ramah-ramah orang thai ini hihi.

Di tengah-tengah perjalanan ada perempuan nyamperin s Ibu kenek yang lagi diem di depan, kebetulan aku duduk paling depan, Dia nanya pake bahasa inggris, Cuman s Ibu nya ga ngertieun.
Aku toel aja, sambil bilang : Orang Indonesia ?
S perempuan ini jawab: ah iya
S Ibu kenek senyum sambil nunjuk & bilang pake phasa thai ke cewe ini yang artinya : Nanyanya ke aku aja (:
S teteh : Aku mau ke Pattaya gimana?
Aku : Oh kalau mau ke Pattaya langsung dari Bandara juga sebenernya bisa, Aku juga mau ke Pattaya tapi besok… Kalau sekarang ke Pattaya sampe nya jam 12 malem, kayanya gak aman, susah nanya kalau malem.
S teteh : oh terus gimana atuh?
Aku : Aku nginep di daerah Sukhumvit, Besok pagi baru berangkat ke Pattaya, kalau mau bareng hayu ajah.
S teteh : oh ya udah bentar aku ke belakang dulu nanya temen-temen dulu

Gak lama akhirnya kita sampe di Mochit dan turun, Aku langsung misah sama s teteh & Aa yang dari Primajasa sambil ngasihin kartu nama biar ntar WhatsAppan aja kata aku.
Terus ada yang teriak-teriak : Mas, Mas tunggu…
Aku diem, ke aku gitu?  Sambil liat ke belakang, Ternyata s teteh yang tadi mau ke Pattaya manggil-manggil
S teteh : Mas bareng aja yah…
Aku : oh ya udah hayu
Kita jadi ber 5, Padahal aku yang butuh pertolongan, Aku sendirian dan gak tau jalan, Tapi malah mereka yang mau ngikut aku wkwkwk Gak papalah bersyukur, aku jadi ada temen kalau nyasar hahaha
Udah itu kita mau beli ticket BTS dan gak tau caranya, Wajar pertama kali, Lumayan ribet, gak kaya di Malaysia tinggal masukin duit jadi lah koin, Ternyata disini juga sama Tapi cuman bisa duit koin Jadi harus di tuker dulu. Terus ada orang yang gak tau dari mana dan dia bisa bahasa inggris katanya : “Kamu masukin koin sesuai tujuan, Misalkan Ekkamai 42, Berarti masukin uang koin 42.”
Aku : oh ngerti-ngerti “Thanks”, Langsung lah kita nukerin duit, S mba penjaganya gak bisa bahasa inggris,
Ya udah kita kasih aja uang yang ada, Tuker semua jadi koin wkwkwk
Udah itu aku duluan nyobain dan bisaaaa Yeyeye :)

IMG_20140422_210501

IMG_20140422_210506

Pas giliran mereka yang terakhir susah lah, Mana koin nya udah abis wkwkwk tapi untung aku masih ada kembalian yang tadi, Ya udah aku kasihin aja dan mereka dapet ticket terakhir mereka .
Kita langsung naik ke atas dan nungguin BTS, Aku tanya dulu aja ke penjaga “Ekkamai?”
Pa penjaga jawab : Chai, thi ni (Ya betul disini)
Aku : Ok, Khob Khun Krub (Oke, Terimakasih)
Pa Penjaga : Krub

Nih penampakan kami saat menunggu & saat didalam BTS

IMG_20140422_211029

IMG_20140422_211038

IMG_20140422_211313

Mereka ber 4 (2 Cowo 2 Cewe) Aku gak tau nama mereka, Padahal baru tadi kenalan udah lupa lagi, Akhir-akhir ini aku sulit menghafal nama orang haha terlalu banyak nama yang harus aku hafalin Zzz,-
Mereka nanya : Nashir kamu bisa ngomong thai?
Aku : Cuma bisa dikit, Nih aku bawa contekan (:

IMG_20140422_212409

Haha mereka pada ketawa, udah itu kita sampai di Stasiun Ekkamai langsung lah kita turun dari BTS, Keluar dari stasiun aku nanya ke orang yang lagi diem di pinggir #eh sial yang aku tanya orang buta Zzz,- Temen nya langsung narik kertas yang  aku pegang sambil ngasih tau kalau dia ga bisa ngeliat, #ah Khothod (Maaf) kata aku. Di suruh lah kita naik taxi, Cuman kata yang punya hostel gak jauh tinggal jalan aja, Ya udah kita ga dulu naik taxi, Jalan dulu aja sampai akhirnya tiba di 7eleven, aku beli Green Tea 16 Bath, terus di kasir nanyain SimCard cuman dia jawab nya pake phasa thai, Aku ga ngerti dia bilang apa, Ya udah ga jadi beli, nanti aja, Jadi cuma beli minum aja haha, Udah itu kita nanya lagi jalan ke orang-orang, Nanya ke tukang ojek malah di suruh naik, Ya udah lanjut jalan dulu aja, Udah jalan 2KM ga nyampe-nyampe #arrgggHHHH!!!! Akhirnya kita putuskan nyebrang dan nyari taxi, Waktu udah menunjukan jam 11 malem, Lumayan lama nunggu taxi, Karna jarang yang lewat dan ada yang lewat tapi isi, Udah nunggu-nunggu akhirnya ada taxi yang mau di naikin ber 5, Udah itu kita langsung di anter ke hostel, Sempet nyasar karna supirnya juga gak tau Soi (gang) nya, Mungkin karna malem, dan alamat yang aku punya di tulis dalam aksara inggris bukan thai Jadi rada binggung s supir taxi nya juga, Tapi akhirnya nyampe juga di hostelnya seneng banget lah dan ternyata ga jauh dari tempat kita jalan, Ongkosnya juga ga nyampe 50 Bath Ya udah kita bayar aja 50 Bath kasihin kembalian nya, Malah supir taxinya yang berterimakasih haha aku yang sangat berterimakasih setelah perjuangan jalan lebih dari 2KM akhirnya nyampe juga, Padahal tadi tinggal dikit lagi jalan juga nyampe, Tapi gapapalah yang penting udah nyampe di Refill Now! Hostel, Karna aku udah booking di Agoda.com untuk 5D4N
Aku tinggal checkin aja.

Ternyata station BTS yang deket sama hostel aku tuh BTS phrakanong harusnya turun disini tinggal naik ojek deket nyampe deh

refillnow-agoda

Sebenernya sebelum booking di Refill Now! Hostel untuk 4 malem, Aku udah booking di The Overstay Hostel daerah Thonburi untuk 1 malem, Cuman karna liat review nya “kurang bagus” dan ga rekomendasi dari temen-temen Backpacker ya udah aku cancel aja, aku lapurin lagian murah ko, Kemarin booking untuk 1 malem di The Overstay Hostel gak nyampe Rp 50rb haha.
Oh iya pas booking Refill Now! Hostel ini ada kesalahan nama pemesan, Nama aku harus nya “Nashir” bukan”Nasir” padahal pas mesen di The Overstay udah bener “Nashir”, sempet bingung juga, kalau salah gini gimana takutnya gak bisa check-in, Setelah tanya-tanya sama member Backpacker Dunia katanya no-problem dan sudah dapet email balasan dari Refill Now! Hostel katanya sama juga no-problems, aku tenang deh, Sampe hostel aku langsung bilang ada kesalahan nama & nunjukin email balesan dari mereka & dari Agoda.

Terus temen baru aku ini yang 4 orang booking juga on the spot cuma 350 Bath per orang per malem,
Mereka booking 1 malem aja. Udah itu kita ke kamar masing-masing yang 2 an cewe di dorm khusus cewe di lantai 3, Kami ber 3 cowo di dorm yang di lantai 2 mixed dorm. Udah itu aku langsung mandi aja jam 12 malem, Gila di jalan malem juga panas pisan lah haha untung aja hostel nya adem pisan.
Jam 1 maleman kita keluar cari makan, Pertama ke 7eleven dulu, Aku beli air mineral Evian 69 Bath (Mahal) salah ambil lah, padahal di bacaan nya cuman 14 bath, pas nanya ke temen ku ini ternyata Evian mah emang mahal #arrgggHHHH!!!! ya udah lah gapapa, Mau beli SimCard lagi sama lagi.. dia ngomong nya pake phasa thai gak bisa sedikit pun bahasa inggris,aku ga ngerti,  jadi ga jadi lagi deh beli SimCard nya haha
Terus kita ke tempat makan, Pas duduk liat  Menu nya pake “tulisan cacing” semua #argh aku ga ngerti sedikit pun kalau tulisan, kalau lisan aku sedikit ngerti, Akhirnya nyari-nyari orang yang lagi makan yang kemungkinan bisa bahasa inggris kita samperin dan akhirnya tuntas lah pesanan kita, kita mesen bareng bareng, Nasi, Tom Yam, Sosis, Omelet, Masing-masing udunan 96 Bath.

Sambil nunggu makanan jadi, Kita mesen “Ice Tea”, Tau ga sama pelayan nya dikasih apa? Di kasih es batu se gayung wkwkwk aku langsung ngakak ketawa lah minta Teh Dingin malah di kasih Es Batu, Banyak deui -__-
Ya udah lah minum air yang tadi di beli di 7evelen aja dan Alhamdulillah kenyaannnggg (:

Balik ke Hostel, Sholat, Tidur Deh…

Pengeluaran Hari 1 :

Bus Primajasa ke Jakarta Rp 90000
Airport Tax Soekarno-Hatta Rp 150000
Bus dari Don Mueang – Mochit 30 THB
BTS Mochit – Ekkamai 42 THB
Green Tea 16 THB
Taxi ber 5 ke hostel 50 THB | dibayarin
Air Mineral Evian 69 THB
Makan Nasi, Tom Yam, Sosis, Omelet 96 THB | patungan 27 THB
Total Pengeluaran Hari Pertama: Rp 240000 + 184 THB Rp 308080

*Kurs 1 THB = Rp 370,-
**Krub untuk laki-laki

Kha untuk perempuan
Agar lebih sopan setiap ucapan di akhiri krub / kha

Pattaya Surganya Lelaki
Today Failed To Singapore

AUTHOR - Nashir Ramadhan

WhatsApp: 085795021995 | Line Official: @nashir | Instagram: @nashirawks

6 Comments
  • Yasmin Maulida Fajrin | Jun 1, 2014 at 6:33 am

    Waw! Aku salut bgt deh sama ka Nashir. Aku seneng baca tulisan kau, ka! Hihihi;D bisa jadi motivasi biar bisa ke thailand ntar kalau udah gede dan pake uang sendiri! Ohiya aku juga missed sama ibuku ka :’) #senasib (?) But no prob, su su naa kaa(?) Hehe ‘-‘

    • Nashir Ramadhan | Jun 10, 2014 at 5:46 am

      Hehehe kamu berlebihan. But Trims Yah (:

  • iswant | Jun 8, 2015 at 9:12 pm

    sempet ketemu aom sushar ga
    nattasha nauljam juga boleh hehe
    adalah hal yang selali ku impikan
    3 bulan lagi adalah giliran saya
    hhhhh

  • tripbangkok | May 18, 2016 at 2:15 pm

    bang , lu kan gk pake bagasi tuh cuman bawa tas taruh kabin aja … maksimal brp yah kalo air asia berat kalo taruh cabin dan barang apa aja yang lu bawa pas kesana ?

    • Nashir Ramadhan | May 18, 2016 at 5:33 pm

      7Kg bro, tergantung tripnya, tiap ngetrip gue bawaan beda-beda tapi lebih penuh sama peralatan photography

Post A Comment

Current day month ye@r *