Nashir Trip | Day 1 : Bandung – Kuala Lumpur
201
single,single-post,postid-201,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,smooth_scroll,,qode-theme-ver-2.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.7.4,vc_responsive
 

Blog

20140124_145833

Day 1 : Bandung – Kuala Lumpur

  |   Backpackeran Luar Negri   |   12 Comments

22 January 2014 03:00 alarm handphone dengan lagu Sleeping With Sirens –  With Ears To See And Eyes To Hear berbunyi, Aku langsung bangun dan siap-siap karna hari ini hari keberangkatan aku menuju negara tetangga (:
Ini pertama kalinya aku trip ke luar negri dan SENDIRIAN.. haha

 

Sebenernya tujuan nya adalah Kuala Lumpur Malaysia & HatYai Thailand, cuman karna ada urusan bisnis jadinya ke Malaysia & Brunei Darussalam. Semua Itinerary yang udah di susun rapih dari jauh-jauh hari jadi ga sesuai -_-

Setelah selesai mandi, sarapan (sahur) & shalat subuh aku tinggal nunggu mobil kantor yang mau nganterin ke Bandara Husein Sastranegara Bandung. Sekitar jam 5 lebih aku udah di jemput di depan gang rumah, Hari masih gelap aku berangkat keluar rumah meninggalkan Indonesia selama 4 hari.

20140124_062409Sampai di Bandara cari tempat parkir mobil langsung menuju tempat masuknya, Pas mau masuk aku di tahan dulu karna bawa barang banyak, Aku di tanya surat keterangan dan surat izin gitu di sangkanya aku TKI gitu yang mau kerja disana arrgggHHHH WhatTheHell. Setelah nunjukin Ticket Pulang-Pergi barulah aku boleh masuk.

Sopir sama assistennya aku suruh tunggu dulu di depan  jangan dulu pulang, takutnya ada problem lagi hehe.
Sekitar 06.30 setelah bayar pajak bandara baru lah aku bisa check-in jam 7 an. Setelah semua barang clear masuk bagasi baru lah s sopir & assistennya aku suruh pulang.
Tinggal nunggu ke berangkatan deh.

 

IMG_20140222_064701Pas lagi duduk-duduk deket toilet ketemu s Wiki Eko sama temennya, Backpacker yang baru aku kenal dari social media ini asalnya mau trip bareng ke HatYai, Cuman ga jadi karna ternyata jadinya dia ke Melaka & aku ke Brunei. Tapi syukur lah jadi ada temen nunggu dan temen ke KL di hari pertama. Jam 8 kita baru boleh masuk ke imigrasi,
Yeay akhirnya passport aku udah ga perawan lagi :)

IMG_20140124_080146

Sambil Menunggu di ruang tunggu kita foto-foto alay dulu haha, 08.14 masuk menuju pewasat dan flight dengan pesawat AirAsia tepat pukul 08:30. Aku kebagian Seat No 17B. Kebetulan s Eko & temennya s Agung duduk di depan aku 16B & 16C. Aku duduk ditengah-tengah sebelah kiri aku ibu-ibu sebelah kanannya teteh cantik #ahay

Udah 1 jam perjalan pingin ke toilet, aku permisi ke s tehcan sebelah aku, di belakang tanya ke pramugaranya. Toilet??? sambil nunjuk, #eh s  mas nya malah bilang “Toilet mah jauh di bawah harus turun dulu (sambil buka tutup jendela dengan logat kentel melayu)” Zzz,- di bukain weh pintu toiletnya #ah hereuy wae wkwkwk

Tepat jam 10:30 kita sampai di LCCT Kuala Lumpur, langsung menuju imigrasi sedikit ditanya-tanya sama petugas karna ini pertama kalinya aku kesana, Setelah dapet cap s Eko & Agung langsung keluar karna ngejar Bus mereka ke Melaka dan kita berpisah disini, Sendiri deh di negri orang, bingung -_- Cukup lama nungguin bagasi dan ga ada terus barang-barang aku #eh ternyata salah Line malah nunggu yang di Line Singapore -,- pantes aja ga ada,Pas nanya ke bagian informasi akhirnya ketemu lah Line bagasi aku. setelah ambil barang-barang mau keluar barang-barang aku di periksa dulu sama petugas. inilah saat-saat paling menegangkan,- Aku bawa 2 tas besar dan 1 kardus isinya kaos kaki Brand semua, Setelah lumayan lama di tahan karna masalah beacukai akhirnya s Ibu petugas kasih penawaran,  “Mau kena cukai atau sarung kakinya saya beli 1 dozen (lusin)?” #arrgggHHHH ini kan untuk costumer aku di Brunei nanti, tapi tak apalah dari pada ribet,  Ya sudah silahkan 1 dozen saja. Akhirnya jadi s Ibu petugas yang bayar ke aku 10 RM hahaha harusnya sih kalau di Ringgit Malaysiakan 1 lusinnya 16 RM tapi tak apalah yang penting aku bisa lolos, masalah barang costumer mah belakangan aja.

sumber : lcct.com.my

Keluar dari petugas langsung cari penitipan barang yang katanya ada di Pojok luar dekat terminal kedatangan counter warna kuning dan akhirnya ketemu lah  “Baggage Solution” aku mau titipin semua barang aku, tapi kalau mau titip disini barang-barang nya harus cek bagasi di terminal keberangkatan untuk mendapat ‘Security Check‘ #ahh kembali menegangkan takutnya di periksa lagi kaya tadi tapi ternyata tidak, cuman di masukan ke scanner keluar langsung di tempel sticker security checknya ah syukur lah aman. Balik lagi titipin 2 tas gede sama 1 kardus total 86 RM.

OK mulai petualangannya haha. Balik lagi ke dalem beli ticket LCCT – KL Sentral Aerobus PP 14 RM, langsung keluar tanya-tanya, ternyata jalan cukup jauh menuju tempat naek bus, gak lama nunggu langsung naik, ticket pertama di sobek, beberapa menit kemudian bus melaju, gak terlalu macet 1 jam lebih kemudian bus berhenti. Aku tanya ke bule yang duduk sebelah aku : KL Sentral ? “yes” (bule mengangguk) ah oke udah sampai turun berarti, jam udah menunjukan pukul 13:16 waktu Malaysia, Aku naik ke atas bingung kemana lagi, katanya naik Monorail tapi gak tau ada di sebelah mana itu Monorail #argh setelah tanya-tanya ternyata harus turun lagi kebawah terus jalan lumayan jauh sampe deh di stesen (stasiun) Monorail, beli ticket menuju Bukit Bintang seharga 2.1 RM.

IMG_20140124_195331Dapetlah ticketnya semacam “koin” haha unik, Pas mau masuk gatau gimana cara gunain nya, untung ada bule yang bantuin katanya “Tap” oh di tempel & palang pintunya otomatis terbuka masuk deh :) Naik eskalator ke atas, tunggu bentar ga lama Monorailnya datang. aku gak yakin, yang ini atau bukan? ya udah nanya aja karna “malu bertanya sesat di jalan” tanya ke lelaki yang mau masuk monorail : Bukit Bintang ? “ya” jawabnya. ah oke masuk berarti, kebagian duduk karna ga terlalu penuh #eh di dalam monorail ada Ads #EnjoyJakarta keren berarti Indonesia udah mulai terkenal hahay. langsung keluarin smartphone liat map. di map Bukit Bintang itu ada di MR6 berarti 5 stasiun dari sini. Selama perjalanan kita lewat atas jadi keliatan deh jalanan Malaysia, setelah berhenti di setiap 1 stasiun akhirnya sampai juga di stasiun Bukit Bintang aku langsung turun dan pas mau keluar kembali bingung di pintu keluar, koin nya udah aku tempelin tapi ga ngebuka-ngebuka, aku tanya ke orang yang ada disana pake Bahasa Melayu ga ngertieun pake Bahasa Inggris ga ngertieun ah ternyata orang India -_-
Ya udah liatin orang-orang aja ternyata koin nya di masukin, pas aku coba #eh ngebuka deh pintu nya haha

Udah itu langsung turun dan ada kaya pos jaga gitu, aku langsung keluarin print-nan booking hotel, aku tanya : Paradiso Bed & Breakfast 118B, Jalan Bukit Bintang sebelah mana ? S satpam langsung nunjuk ke Hambugerking / sebelah Starbuck deket situ katanya. Weeh deket amet jadi ga yakin ya udah coba telusuri dan ternyata benar ada papan Paradiso Bed & Breakfast langsung masuk aja naik ke atas. Hotel ini udah aku Booking di Agoda.com seharga Rp 329,000 untuk 3 malam Via kartu kredit temen.

Agoda

sumber : agoda.com

 

Pas Check-in di minta lagi 20 RM katanya buat jaminan, nanti di kembalikan saat check-out.
Udah itu aku tanya ke recepsionist nya kalau mau Sholat dimana ? Katanya Jum’atan udah selesai #ah ya sudah tak apa namanya juga perjalan jauh tapi yang aku tanyain mesjid  nya dimana ? katanya jauh tapi kalau mau sholat bisa di Mall. Ya udah aku turun keluar hotel terus balik lagi ke tempat satpam yang di bawah stasiun monorail nanyain mesjid, masih dengan jawaban yang sama katanya jauh tapi kalau mau sholat bisa di surau (mushola ) BB Plaza ya udah aku langsung kesana, muter-muter di dalem Mall ga ketemu-ketemu akhirnya nanya ke Ibu Cleaning Service ternyata surau ada di level 5 ya udah langsung kesana Sholah Dzuhur mengganti Jum’atan yang ketinggalan langsung Ja’ma Sholat Ashar.

IMG_20140124_143948Udah sholat turun ke bawah ke luar Mall langsung jalan mencari Menara Kembar Petronas, dari jauh udah keliatan cuman karna ga tau jalan jadi jalan jauh muter-muter sempet liat KL Tower juga dari jauh, cuman tujuan pertamanya tetep ke Petronas dulu, setelah tanya-tanya dan sempet di ketawain juga sama orang yang aku tanya karna aku ga tau, tapi tak apa lah namanya juga pertama kali & sendiri, kira-kira 30 menit jalan dan akhirnya sampai juga #frau keren. Yang asalnya jeprat jepret pake smartphone Axioo langsung keluarin yang Samsung Galaxy Note biar lebih cekas haha. foto-foto deh sama rekam video juga sendirian.

Pas lagi foto-foto ada lelaki yang minta difotoin sama aku, ya udah aku fotoin terus gantian deh aku yang minta fotoin, Ternyata dia namanya Ali datang dari KHASMIR weeh hampir sama kaya nama aku NASHIR haha jadi inget lagunya Revenge The Fate.

Photographer : Ali – Khasmir

Setelah cukup puas ber-fotoria masuk deh ke dalemnya, karna sebentar lagi mau Gong Xi Fa Cai jadi ada persiapan acara gitu deh dalem Mall nya

20140124_151335

20140124_151421

20140124_151709

Udah itu keluar lagi muter-muter lagi foto-foto lagi deh depan Menara Tower :)

20140124_152906

20140124_153406

20140124_153445

20140124_153744

Sumber : tbsbts.com.my

Sumber : tbsbts.com.my

Sekarang tujuannya mau ke KL Tower. Setelah tanya-tanya katanya pake bus gratis namanya “GO KL” yang warna purple. Nanya lagi ke satpam akhirnya ketemu juga langsung naik dan beneran ga bayar haha lumayan. Pas lagi duduk sendirian sambil nunggu busnya maju, tiba-tiba Ibu-Ibu duduk sebelah aku dan bicara pake Bahasa Indonesia #eh ternyata sama dari Bandung, haha ya sudah lanjutkan mengobrol. yang tadi nya aku mau ke KL Tower jadi ga jadi deh ngikutin s Ibu aja jalan-jalan sama “lelakinya” dari pada sendirian hehe Jadilah tujuan sekarang ke China Town tapi sebelum kita kesana harus ganti bus di Bukit Bintang dan tempat pemberhentian bus nya deket sama hostel tempat aku nginep Zzz,- tau gitu tadi naik bus aja ke KLCC dari pada jalan jauh muter-muter tapi tak apa lah pengalaman heu.

 

 

Tempat nunggu bus nya juga keren udah ada “Timing” nya jadi kita tau kapan bus nya sampai SO udah jaman GPS canggih. Udah itu naik bus yang sama lagi GO KL cuma tujuan nya China Town dan GRATISS lagi ga bayar asiikkk :) Sampe di China Town belanja deh saatnya shoping. Beli T-Shirt 6 sama gantungan kunci 2 total 37 RM terus beli Jam Tangan 15 RM. Dari China Town sekarang kita jalan sedikit ke Jalan Petaling (Petaling Street) cari bus mau ke Sungei Wang  tapi ga jadi karna bingung rutenya, jadinya kita mau ke Central Market (Pasar Seni) udah naik Bus Go KL lagi masih gratis lagi kita turun dan bingung mau kemana lagi, nyebrang jembatan nunggu lagi bus lumayan lama, Naik lagi ke Bus Go KL yang gratis terus aku tanya ke supirnya : Central Market? s supir nyuma nunjuk “tuh” #eh ternyata di depan kita tinggal jalan dikit, terus ngapain naik bus haha ya udah turun lagi aja jalan dan akhirnya sampai deh di Pasar Seni (Central Market)

IMG_20140124_164325

20140124_160803

IMG_20140124_172839 Di Central Market kita liat-liat lagi souvenir dan uang Ringgit Malaysia aku udah menipis, kebetulan di dalem Central Market nemu Money Changer ya udah tuker uang disana 500rb dapet 132 RM lumayan lah ga beda jauh. Udah itu beli coklat di Choc Boutique beli 6 coklat total 23.40 RM

Sebelum pulang liat-liat lagi souvenir yang di luar sama beli minum aqua 2 RM, Setelah dari Pasar Seni balik lagi ke tempat nunggu bus tadi, naik lagi bus gratis GO KL ke Mall Pavilion karna ini udah sore mungkin jam pulang kerja di bus penuh dan aku ga sengaja megang “toket” ibu-ibu hahaha untung aja ga marah wkwkwk cuek aja lah da emang padet di bus nya :) Gak lama tiba-tiba ada suara ibu-ibu dari belakang yang marah-marah kirain aku teh lagi nelpon #eh ternyata ibu-ibu marah-marah sendiri ga jelas gak tau ke siapa, semua orang di bus juga langsung diem haha #sudahlah. Turun di deket Pavilion jalan dikit nyampe deh di Mall nya.

Masuk ke dalem Mall nya penuh dengan souvenir Gong Xi Fa Cai, jalan-jalan di dalam Mall, terus beli roti di Bread Talk, 2 roti 6 RM, s Ibu mau beli kartu ucapan Gong Xi Fa Cai cuman ga bisa ngomongnya, kebetulan Bahasa Melayu aku “Fasih” da tiap hari bisnis sama orang Malaysia, Singapore, Brunei, etc. Jadi nyari apa-apa dan mau nanyain apa gampang haha.

 

 IMG_20140124_183600

IMG_20140124_184151

IMG_20140124_184531

Udah dari Pavilon aku di ajak jalan ke Hotelnya s Ibu haha hayoo mau ngapain wkwkwk ga ngapa-ngapain ko, Aku cuma mau tau tempat beli Universal Socket untuk charge HP. kata s Ibu dekat Hotel nya ada market yang jual jadi di ajak deh, #eh ternyata dari Pavilion ke hotel s Ibu deket tinggal jalan aja dan ngelewat ke Hotel Paradiso tempat aku tinggal haha deket ternyata.

Udah itu s Ibu nunjukin Hotel Apple tempat dia tinggal dan “di suruh mampir kesana” haha cuman dia ngasih tau aku cari Universal Socket lurus aja ke bawah, #ah ya udah aku langsung cari ke bawah ke beberapa market dan 7eleven tapi ternyata gak ada, Ya udah aku langsung balik ke hotel aku lagian deket dari sana. Jam udah jam 7 lebih tapi disini masih terang sama kaya di Bali berarti, nyampe Hotel taro semua barang-barang dan sekarang naik lagi Monorail mau ke Airport karna besok jam 6 pagi aku harus Flight ke Brunei Darussalam, Mau sholat dulu tapi kalau harus masuk ke BB Plaza level 5 itu jadi agak males karna udah cape juga dari tadi jalan-jalan dan rasanya di Airport juga pasti ada Surau (mushola) jadi di skip dulu aja nanti sholat nya di Bandara.

Mau beli koin nya lagi lupa ga bawa pulpen, balik lagi deh ke hotel ngambil pulpen yang aku taro di sana #eh pulpennya abis ya udah pinjem dulu pulpennya ke recepcionist hotelnya feeling aku tiba di Brunei nanti pasti harus ngisi sesuatu, udah dapet langsung balik lagi ke stesen naik Monorail lagi 2.1 RM dapet koin yang sama, kali ini gak bingung lagi karna udah tau cara gunainnya haha. Monorail datang tapi aku diem aja karna bukan di Line tempat aku nunggu tapi di Line sebrangnya, udah lumayan lama nunggu gak ada juga, kebetulan aku duduk di sebelah teteh teteh lagi nunggu juga terus aku tanya aja : KL Sentral? Dia nunjuk ke sebrang, ohhh ternyata aku salah nunggu #ah masih bego ternyata wkwkwk pantes aja. Aku naik tangga deh nyebrang ke sebrang, tapi lama nunggu belum datang juga, Sambil nunggu makan roti Bread Talk aja yang tadi beli di Mall Pavilion haha roti abis Monorail pun datang, Di dalam Monorail duduk terus ada yang naik suami istri yang nanya ke aku dan pake Bahasa Indonesia ternyata orang Jawa haha ciee honey moon ke Malaysia wkwkwk. Kita turun bareng di KL Sentral cuman beda tujuan mereka ber 2 gak tau kemana aku lupa, sementara aku langsung cari bus ke LCCT, karna tadi pas pergi udah beli ticket PP jadi ga harus beli lagi deh, lumayan irit 2 RM :) Bus nya udah ada, nunggu penuh gak lama berangkat deh, sampe di LCCT  jam 21:30 langsung tanya-tanya tuh cari mushola, ternyata deket toilet, udah itu Ja’ma akhir Sholat Maghrib & Isya terus jalan-jalan dan ngantuk akhirnya tidur di Bandara, padahal aku udah booking hotel untuk 3 malem, kenapa tidur di Bandara?? Ya takut aja kesiangan terus kan lumayan jauh Bukit Bintang ke Bandara sekitar 2 jam, ntar kalau telat mati lah daku -_-
Tau ga aku tidurnya dimana ? di kursi pinggir jalan haha #enjoy

IMG_20140125_014839

Karna semua souvenir-souvenir yang tadi di beli di taro di hotel (inilah fungsi nya booking hotel 3 hari jadi bisa titip barang haha) & barang-barang aku di titip di Baggage Solution jadi aman-aman aja besok pagi baru di Ambil, sedikit bising suara kendaraan karna bener-bener di pinggir jalan tapi tak apa lah nyaman-nyaman aja tidur sampe jam 3 subuh.

 

Exclude : 

Ticket Promo Air Asia BDO-KUL Rp 2000
Fuel Surcharge Rp 198000
1 x Direct Debit KlikBCA Processing Fee Rp 10000
Bagasi 30 KG Rp 300000
Airport Tax Bandung Rp 75000
Hotel Paradiso Bed & Breakfast 3 Malam Rp 329000

Pendapatan:

1 lusin kaos kaki 10 RM

Penukaran:

Rp 500000 132 RM

Deposit:

Hotel 20 RM

Pengeluaran:

Titip Barang di Baggage Solution 86 RM
Ticket PP Aerobus LCCT – KL Sentral 14 RM
Monorail KL Sentral – Bukit Bintang 2.1 RM
Bus Go KL Menara Kembar Petronas – Bukit Bintang – China Town – Mall Pavilion Gratis
6 T-Shirt & 2 Pack gantungan kunci 37 RM
Jam Tangan 15 RM
6 Pack Coklat 23.40 RM
Air Minum 2 RM
Roti Bread Talk 6 RM
Monorail Bukit Bintang – KL Sentral 2.1 RM

Total Pengeluaran Hari Pertama:

207. 42 RM Rp 746700

**Kurs di bulatkan 1 RM = Rp 3600

Day 2 : Kuala Lumpur – Brunei

AUTHOR - Nashir Ramadhan

WhatsApp: 085795021995 | Line Official: @nashir | Instagram: @nashirawks

12 Comments
  • Sari | Mar 1, 2014 at 8:26 am

    oh…jd ini jalan2 dlm rangka kirim kaos kaki ya? hehehe..

    • nashir | Mar 1, 2014 at 11:33 am

      sebener nya mah engga, cuman kebetulan aja ada business ke brunei jadi nganter kaos kaki deh hehe
      kalau ke malaysianya holiday wkwkwk

  • aan | Mar 1, 2014 at 7:30 pm

    mau tanya pak, mushola dekat toilet yang pertama kali datang itu, letaknya ada didalam lcct atau di luar lcct?

    • nashir | Mar 2, 2014 at 6:56 pm

      aduh jangan panggil pa haha. di dalem LCCT ada deket pintu kedatangan lurus aja dekat kumpulan ATM, di luar LCCT juga ada yang mau naik bis (:

  • deni | Mar 4, 2014 at 4:39 pm

    makasih mas infonya, saya lagi cari info kuala lumpur, bentar lg mau kesana.
    tp saya gak pernah naik pesawat nih, mau tanya saat pengambilan bagasi di lcct, ngambilnya kemana mas?
    pengambilannya apa sebelum kita diperiksa imigrasi atau sebelum imigrasi?

    • nashir | Mar 4, 2014 at 5:10 pm

      ngambilnya setelah imigrasi, terus pas orang lain lurus mau keluar mas nya belok kanan aja, ada plank nya ko jelas untuk ambil bagasi, cuman jangan salah line hehe

  • Ratna | Apr 1, 2014 at 11:17 am

    mas ikutan nanya dong, oleh-oleh recomended beli dmn ya?Chinatown atau Central Market yg paling murah?Thank u

    • nashir | Apr 1, 2014 at 2:55 pm

      Central market murah, di sungei wang juga murah ko
      tapi lebih recomend central market sih kalau aku (:

  • hilma | Aug 9, 2014 at 5:52 am

    wah nice :)
    btw itu tiketnya harganya Rp 2000?

    • Nashir Ramadhan | Aug 9, 2014 at 4:19 pm

      Yup betul sekali harganya hanya 2000 hehe promo dari Aa

  • enimun | Jan 25, 2015 at 11:53 am

    boleh minta review hostelny?rencana kalo nyaman mau pakai itu…terima kasih

    • Nashir Ramadhan | Jan 25, 2015 at 1:22 pm

      Paradiso Hostel?
      enakeun ko deket banget setelah turun MRT tinggal nyebrang nyampe, berada di pusat kota, sebelah kiri hostel ada MCD sama starbuck sebelah kanan hostel ada pijat++ haha. room nya bersih, nyaman ada fasilitas internet gratis di PC dan free wifi tapi engga free wife #eh haha pagi-pagi di kasih breakfast sama minuman seger bebas ambil, ada lookeroom nya juga. WC ok lah (:

Post A Comment

Current day month ye@r *