Nashir Trip | Snorkeling Pulau Tidung
1469
single,single-post,postid-1469,single-format-standard,ajax_fade,page_not_loaded,smooth_scroll,,qode-theme-ver-2.9,wpb-js-composer js-comp-ver-4.7.4,vc_responsive
 

Blog

Snorkeling-Pulau-Tidung

Snorkeling Pulau Tidung

  |   Backpackeran Dalam Negri   |   No comment

YES, Akhirnya bisa posting lagi tentang keindahan Indonesia, Setelah dari awal january 2014 sampe akhir november 2014 aku cuman trip bulak-balik ke luar negri 5x Malaysia, 2x Singapore, 2x Brunei Darussalam & 1x Thailand. Di bulan desember ini aku kembali melangkahkan kaki untuk menikmati keindahan surga dunia Indonesia.

Udah dari akhir tahun 2013 aku punya rencana ke Pulau Tidung sama temen-temen tapi gak jadi mulu, Tibalah di 2014 ini bertemu dengan Komunitas Jalan-Jalan Indonesia,
Aku share tentang keinginan trip aku di penghujung taun ini kembali menikmati Indonesia, Ketemu lah sama mba @adel_lia nawarin open trip ke Pulau Tidung cuma Rp 370.000/orang. Ga banyak mikir aku langsung daftar dan bayar DP terus ngajakin seorang temen perempuan namanya Monic, Fix dia juga ikut, seneng banget lah, oke sip langsung aku bayarin buat s Monic #eh  tiba-tiba cancel, ya udah aku sendiri aja deh jadi nya.

H-3 keberangkatan masih bingung, gimana caranya dari Bandung ke Muara Angke haha soalnya harus nyampe subuh, jam 6 pagi harus udah standby disana, Kalau naik bus ga jelas sampenya jam berapa, naik travel nyampenya terlalu subuh. Akhirnya dapet jawaban di grup WhatsApp Jalan2ers Jabodetabek. bisa naik kereta Serayu Malam jam 00:20 dari kiaracondong dan tiba di stasiun kota jakarta 03:41 udah itu tinggal naik taxi aja 1x.
FIX aku naik kereta malam jugijagijugijagijug aja  haha lagian udah lama banget ga kekeretaan di Indonesia :)

H-2 Aku langsung datang ke stasiun kereta api Kiaracondong untuk beli ticket ekonomi Serayu Malam Kiaracondong – Jakarta Kota seharga Rp 35.000 hihi murah :)

Ticket KA Serayu Malam

H-1 aku beli beberapa cemilan (Ciki, Popmie, Roti, Susu Coklat Cair, Tebs, Kopi Gooday, Oreo, green tea, coklat cadbury tidak lupa botol kecap haha, dll) untuk bekel dijalan sama ngemil-ngemil pas disana sekitar Rp 88.000

Hari H baru beres pemotretan di Studio sampe rumah jam 8 malem, belum packing sedikitpun sementara jam 11an harus udah ada di stasiun. #argh. Ya udah Unpack dulu aja asesoris & peralatan bekas motret barusan, langsung ganti tas AirAsia yang kemaren baru dibeli di pesawat pas pulang dari Brunei, Masukin makanan, siapin ticket kereta, baju-baju sama keresek dll, yang setidaknya diperlukan. Udah itu ngapain? Tidur dong cape hihi.
Jam 11an sepupu aku baru pulang dari kantornya, kebangun sama suara motornya langsung minta anter ke stasiun, sekitar set 12 nyampe stasiun kiaracondong nunggu deh 1 jaman, kereta datang tepat waktu 00:20 tapi telat sampai, yang harusnya jam 03:41 udah sampai ini 05:30 baru sampe di stasiun kota jakarta -__-

Sholat subuh dulu di mushola stasiun terus ngecek barang #DAMN! kamera underwater yang baru aku beli beberapa hari lalu di Lazada ketinggalan (pingin nangis lah) udah sengaja beli kamera underwater cuman untuk snorkeling pertama kalinya di pulau tidung #eh ketinggalan,-

Keluar dari statiun jakarta kota langsung nyari kendaraan untuk ke Muara Angke, Setelah nanya ke petugas, katanya deket… dari pada naik taksi mening naik Bajaj, Ya udah aku naik Bajaj setelah nego-nego harga dapetlah Rp 40.000 mahal juga sih soalnya deket, tapi tak apalah yang penting sampai. Kata supir Bajajnya di anterin sampe depan pom bensin pelabuhan lama #eh pada kenyataanya diturunin di tengah jalan, alesan karna macet disuruh naik odong-odong ke dalemnya, katanya cuman bayar 2000 eh apekteh ke dalem ongkosnya Rp 10.000 huhu.

Bemo Sarap

odong-odong

Penunggu Muara Angke wkwk

Udah nyampe terus WhatsAppan sama yang ngatur tripnya Mas Rizky, katanya suruh cari Pak Masudi gak lama ketemu lah sama Pak Masudi (sedikit bingung juga di oper-oper gini) terus disuruh cari temen-temen yang lainnya, Gilee banyak orang gini disuruh nyari orang yang gak dikenal Zzz,- Setelah muter-muter akhirnya ketemu lah sama yang namanya Putri, Sheilla, Usnan tinggal nungguin 1 lagi teh Mila, gak lama dia juga datang. Jadi grup kami cuman ber 5 (3 cewe, 2 cowo termasuk aku yg paling muda). Mending ber 5 sih jadi exclusive gitu heu.
Sekitar jam 7an kita di anter ke perahu yang akan membawa kita ke Pulau Tidung, ada banyak perahu awas jangan salah naik, karna tujuan tiap perahu beda-beda. S Putri, Sheilla, Usnan milih duduk di dalem, aku sama teh Mila diluar aja ah diatas perahu #hareudang haha.

Waiting For Pulau Tidung

OTW Pulau Tidung

Cukup lama nungguin di atas perahu mungkin karna nungguin penumpangnya harus bener-bener penuh dulu, set 8 lebih perahu pun baru mulai berlayar. Kirain aku teh dari Muara Angke ke Pulau Tidung deket ternyata eh ternyata perjalanannya 3 jam, sama dengan rute Jakarta – Bangkok kalau naik pesawat -_- Udah mual banget lah karna belum makan dari semalem, mana perahunya beberapa kali berhenti di tengah laut #argh. Sambil nge-ganjel perut yang sudah sedari tadi lapar aku keluarin roti sama susu cairnya biar nikmat gitu haha dan semua terbayar ketika sudah sampai di Pulau Tidung DAMN! AWESOME (:

Sama Pak Masudi suruh tunggu dulu nanti ditemuin sama guide nya, gak lama Mas Anca (Pak Didi) datang dia yang bakal jadi guide kita selama di Pulau Tidung ini, Kita ber 5 langsung di anter ke sebuah rumah tempat kami ber 5 menginap, Rumahnya enakeun ada 2 kamar tidur, ruang tamu + TV juga ada AC nya. Karna kami semua udah lapar daritadi dan makanan udah disediain kami minta waktu untuk makan dulu terus istirahat baru jam 1an kami minta di jemput untuk mulai menikmati pulau ini.

Alamat Penginapan

Guest House

Pas buka makanan yang disediain #aw ikan, aku orang yang paling ga suka ikan, pokonya semua jenis seafood apapun itu aku gak bisa makan. Untung aja ada sayurnya, kalau sayur oke lah aku bisa makan, biar lebih nikmat keluarin botol kecap yang aku bawa. Mereka pada nanya: wiih bawa botol kecap? buat apa? | Aku jawab aja: Tiap trip, kemanapun, dalam/ luar negri aku pasti bawa botol kecap | mereka langsung ketawa haha. iyah karna aku ga bisa makan pedes, ga bisa makan ikan takutnya gak ada yang bisa aku makan jadi kecap + kerupuk juga udah nikmat buat aku mah yang penting bisa makan haha. Karna masih lapar aku seduh aja popmie yang aku bawa, mumpung ada dispenser air panas, kenyang deh.

Udah itu sholat dzuhur dulu, oh ya aku belum mandi haha bae lah ntar juga snorkeling, udah snorkeling aja mandinya, jadi niat untuk mandi pun gak jadi, lebih memilih tidur di kursi aja sambil nunggu jam 1 heu. Jam 1 kurang Mas Anca udah datang jemput kita, aku langsung di bangunin, langsung lah aku pake celana pendek sama keluarin sendal hotel yang aku bawa. Kita langsung di ajak ketempat pengambilan sepedah (sepedah udah termasuk fasilitas selama kita disini, jadi ga usah sewa lagi). Aku, Usnan, Putri, Sheilla kami bisa naik sepedah semua cuman teh Mila aja yang ga bisa, jadi dia milih di bonceng aja naik sama sama temennya Mas Anca (lupa namanya). Asik juga sesepedahan di pinggir pantai hihi. Udah nyampe parkirin aja sepedahnya.
Pertama kita diajak naik Banana Boot dulu, ini gak bayar lagi karna udah include dengan package :)

Free Banana Boot

Banana Bootnya kalau kalau kata aku kurang asik sih karna gak dibawa jauh, cuman dibawa daerah situ-situ aja, baru juga sebentar udah di gulingin, beda sama waktu aku naik Banana Boot di Bali itu asik banget. Tapi ya sudah lah tak apa (: Udah naik Banana Boot sambil nungguin di bawain alat snorkelingnya kita gegeloan dulu aja haha.

Gegeloan

Eksis Dulu

Pas lagi gegeloan aku tersadar. . . .
Aku Jomblo udah hampir 4 tahun!!! #Frustasi akhirnya aku nyoba loncat dari Jembatan C I N T A
Hampir 4 tahun Jomblo #Frustasi loncat dari jembatan c i n t a

are you ready?

I'm Flyting

Surga Dunia

Masih hidup ternyata #faak haha dan malah serasa lagi berada di Surga Dunia hihi, Ketagihan loncat akhirnya nyobain deh 1x lagi.. enak bangeut rasanya haha. Pas lagi asik-asiknya Mas Anca manggil katanya alat snorkelingnya udah siap, okelah kami langsung bergegas kesana dan sepertinya cuman aku yang gak tau cara pakenya gimana,-  Udah itu di kasih tau cara pakenya, Ini Snorkeling pertama aku dan aku gak begitu bisa berenang haha #enjoykeun. Karna kita mau snorkeling di yang lumayan dalem kita sewa lagi banana boot, kali ini bayar Rp 10.000/ orang. Okelah kita langsung menuju ketempat snorkeling. Yuhuu (:
Sebelum berangkat temen-temen pada beli aqua dulu biar ga haus katanya, karna aku bawa Tebs di tas jadi aku bawa minuman Tebs aku aja,  Oh ya 10rb ini udah include bonus roti untuk ngasih makan ikan. Mungkin karna s usnan lapar rotinya malah dia makan pas perjalanan di banana boot menuju tempat snorkling hadeuh,-

Before Snorkeling

Ready for Snorkeling

Prepare Snorkeling

Kali ini aku duduk paling depan karna gakan di balikin ini banana boot nya, Oh ya pas banana boot pertama pas banana di balikin gak sengaja aku nendang mukanya s teh Mila heu maaf teh wkwk. Inilah detik-detik sebelum snorkeling pertama kami dan aku masih bingung cara gunain alatnya -_-

Ouh ya untung aja kami pake paket yang full package jadi dapet dokumentasi underwater, Mas Anca jadi tukang foto di bawah lautnya pake kamera Go Pro, Walaupun amateur setidaknya ini bisa sedikit mengobati rasa sedihku yang lupa bawa kamera underwater punya sendiri,- dan ini lah beberapa foto underwater kami (Jangan Irii Yah hehe)

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Metal Bawah Laut

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Underwater Pulau Tidung

Ouh iya aku snorkeling sambil nge-Tebs loh haha nikmat. Setelah snorkeling lebih dari 2 jam kami pun lelah dan ingin beristirahat, Boot membawa kami kembali ke pinggir pulau. Hari sudah mau turun hujan, kami langsung ke tempat parkir untuk mengambil sepeda, dan 1 sepeda milik usnan hilang haha adaadaajah, kata tukang parkirnya: “udah pake dulu yang mana aja -_-” Usnan pun langsung mengambil sepedah yang terparkir. Baru saja beberapa menit mengayuh sepedah hujan deras membasahi kami.
Aku melaju sendirian di depan agar lekas sampai di penginapan kami. Ternyata ke 4 teman ku tidak langsung ke penginapan tapi berteduh dulu, jadi aku kekunci sendirian deh depan penginapan mana pakaian basah semua lagi brrr tiris..
Hampir 1 jam hujan pun reda, tak lama Putri, Sheila & Usnan datang langsung membukakan pintu. Aku langsung masuk, mand, ganti baju, langsung nyeduh kopi good day biar anget, Gak lama Mela datang.
Sambil nunggu hujan bener-bener berhenti kami nonton TV. Sekitar jam set 5 lebih Mas Anca kembali menjemput kami, kami di ajak menikmati senja di pinggir pantai, kami pun kembali mengayuh sepedah kami, kali ini sesepedahannya di atas pasir jadi sedikit beurat nge-goes nya juga haha. Lalu sampai di bibir pantai, Tapi sayang senja hari ini tidak begitu cantik, mungkin karena baru turun hujan. Tapi kami tetap menikmati senja sambil meminum air kelapa, langsung dari kelapanya :)

Sepeda Santai

Salam Senja

Penikmat Senja

Hari sudah hampir gelap kami langsung kembali menuju penginapan, sedikit istirahat karna nanti malam masih ada 1 acara lagi, Yup pukul set 9 malam saatnya BBQ time, Usnan yang sudah lelah tidak ikut BBQan bersama kami. Kami meminta BBQan nya di pinggir pantai, lalu tiba disana sudah banyak sekali orang-orang yang sedang BBQan sambil memainkan musik dan bernyanyi.
Kami mencari spot yang sedikit sepi dan lebih dekat ke pantai, karna ternyata BBQan nya ikan, cumi, dll. Aku gak ikut makan, aku cuman liatin mereka aja (meni watir). Bara api pun menyala, sedikit mendekat untuk menghangatkan badan. Tetiba aku rindu seseorang #hiks, aku melihat bulan, tak ada satupun bintang yang menemani,
Aku mendekat ke bibir pantai, menikmati desiran angin malam lalu mengeluarkan smartphone ku yang tadi sempet nyemplung ke laut, ternyata suaranya masih bagus, aku memutar 1 lagu yang di ulang-ulang Coldplay – A Sky Full Of Stars (padahal lagi gada bintang) lagu ini bisa mengobati sedikit kerinduanku padanya, hidup terasa nikmat malam itu, walaupun sebenernya lapar pingin cepet-cepet pulang terus makan lagi, tidur deh haha.

Mas Anca Babakaran

Nice Shoot

Bulan Jomblo

Jam 10an setelah para gadis selesai BBQan kami langsung kembali ke penginapan, aku langsung makan, makanan yang udah di sediain, tidak ada ikan (hore) dan sayurnya nikmat hmm. udah kenyang tidur deh :)

Day 2

Esok harinya pagi- pagi kami langsung packing, karna kapal yang akan membawa kami pulang katanya tiba jam 10. Tapi sebelum pulang kita diajak jalan-jalan dulu ke Jembatan C I N T A lagi sama ke Pulau Tidung Kecil. Pagi-pagi udah banyak juga yang olah raga air hoho dan para jomblo udah dari tadi nongkrong di jembatan C I N T A wkwk.

Olah Raga Air

Para Jomblo di Jembatan C I N T A

Para Jomblo di Jembatan C I N T A

Jembatan Cinta

Aku sih gak tau kenapa dikasih nama Jembatan C I N T A, ada yang tau kenapa? (komen dong, penasaran)
Di Jembatan C I N T A, s usnan minggir untuk cuci kaki #eh tisoledat nyemplung basah  lagi semua deh dia wkwk.
Karna udah tanggung basah aku ajak lagi aja snorkeling tapi gak jauh-jauh dan gak usah pake alat haha jadi pagi ini kita snorkeling ke 2x nya. padahal ini baju dan celana terakhir aku, gak ada pakaian ganti lagi yang kering #Ah baelah enjoykeun (:

Beres snorkeling, kita langsung ke Pulau Tidung Kecil. Terus aku coret-coretan deh nama seseorang yang aku kangenin di pasir putih. Nulis di pasir ini sedikit susah karna kehempas lagi sama air laut, jadi harus buru-buru di jepret setelah selesai tulis hihi, Miss Pili (:

Jalan-jalan dikit nemu lah spot yang bagus untuk di foto, eh nyemlung kejauhan basah semua deh celana terakhir -_- But gapapa lah view nya keren :)

Terakhir kami ber 5 foto bareng deh sebelum pulang

Pas jalan mau pulang tiba-tiba hujan deras dan kata Mas Anca kepulanganpun di Tunda jadi jam 1, Ya udah kami berteduh di Jembatan Cinta, setelah hujan sedikit reda langsung kembali ke penginapan. Yang lain sih pada mandi lagi cuman kagok da aku mah mandi juga gak ada salin untuk ganti lagi jadi ga mandi aja lah bae hehe.

Karna masih ada jatah makan pagi kami makan pagi dulu sebelum kembali, selesai makan sambil leha-leha aku beli sedikit oleh-oleh dulu, buat keluarga dan kabogoh batur #eh
Kalau gak salah mah ini semua teh Rp 42.000 eun (Dapet nawar haha). ada dodol rumput laut dan keripik-keripik gitu lah.

oleh-oleh tidung

Jam set 1an kami di hantar ke kapal untuk pulang, setelah dikasih ticket masing-masing kami langsung pamitan dengan Mas Anca dan temennya. Aku bilang: Aku nanti pasti kesini lagi, jadi guide aku lagi yah hehe.
Gak lupa kami udunan Rp 10.000 ewang untuk tambah-tambah fee guide heu.
Ouh yah karna gak ada celana dan baju kering lagi jadi aku nekat pulang ke Bandung cuman pake jacket doang dan celana pendek haha #Enjoy. Aku duduk lagi di atas perahu, setelah penumpang penuh perahu pun melaju, Aku Menikmati desiran angin sambil tiris tea da cuman pake jacket sama celana pendek. Perjalan pulang sedikit lebih cepat karna perahu gak berhenti-berhenti.
Tiba di dermaga yang berbeda. “Lah terus kita kemana?” tanyaku.
Setelah kami ber 5 tanya-tanya katanya bisa naik odong-odong lagi ke depan sampe keluar pasar.
Pasarnya bener-bener becek, banjir, bau. Nyeletuk aku bilang “Ai Jokowi udah pernah kesini belum?”
Tiba-tiba supir odong-odongnya yang ngejawab pertanyaan aku -__- katanya inimah air laut, mau gimana lagi..
Ohhh aku cuman bisa bilang ohhh, dalam hati “Jakarta aja belum bener udah ditinggalin, jok jok“, Terus kami naik angkot ke grogol untungnya temen aku baik jadi di bayarin hihi. turun di terminal grogol gitu aku ke toilet dulu bayar Rp 2000 -_- di Bandung mah toilet teh gratis euy,- Terus naik Busway, udah sering ke jakarta ini baru pertama kalinya aku naik busway haha dibayarin lagi wkwkwk. Sheilla turun duluan, tinggal kami ber 4 turun di pemberhentian terakhir. s teh Mela juga sama pulang ke Bandung tapi karna dia udah mesen travel jadi kami bantu cari taxi dulu untuk dia, terus giliran nyariin bus buat aku balik ke bandung deh, karna Usnan dan Putri orang jakarta dan rumahnya gak jauh dari pembenhentian busway tadi. Kebetulan bus primajasa yang menuju Bandung mau berangkat, jadi ga pake acara nunggu-nunggu hihi. Dadah Usnan dan Putri, Big Thanks :)
Bus gak begitu penuh karna malu aku cuman pake celana pendek doang jadi aku duduk paling belakang sendirian, mumpung kosong haha. Bus pun melaju menuju Bandung meninggalkan Jakarta, di tengah perjalan di tagih ongkos Rp 75.000,-

Lapar juga, Aku keluarin Coklat Cadbury yang gede, jadi sepanjang jalan dari jakarta ke bandung kurang lebih 3 jam, aku makan coklat aja sambil dengerin lagi lagunya Coldplay – A Sky Full Of Stars karna hari sudah mulai gelap. Jam set 8 nan tiba di terminal Leuwi Panjang langsung naik angkot sampe perapatan binong Rp 6000, dari situ langsung naik angkot ke gatsu Rp 2000 sampe deh di rumah, puas dan cape banget tapi seru…
dan sepertinya Pulau Tidung jadi penutup trip aku di 2014. Tengkyu All, ini tahun yang Amazing :)

Oh iyah, 1 lagi oleh-oleh snorkeling dari pulau tidung

oleh-oleh snorkeling

Paket Pulau Tidung:

Full Package Rp 370.000 diskon Rp 50.000 Rp 320.000

Pengeluaran H-2:

Ticket Kereta Api Bandung – Jakarta Rp 35.000

Pengeluaran H-1:

Makanan Rp 88.000

Pengeluaran Hari Pertama:

Bajaj Stasiun Kota – Pelabuhan Muara Angke Rp 40.000
Odong-Odong Rp 10.000
Banana Boat penghantar snorkeling Rp 10.000/ orang
Total Pengeluaran Hari Pertama: Rp 60.000

Pengeluaran Hari Kedua :

Oleh-Oleh Rp 42.000
Udunan Fee Guide Rp 10.000/ orang
Odong-Odong Rp 10.000
Angkot ke Grogol Dibayarin
Toilet Rp 2.000
Busway Dibayarin
Bus Primajasa ke Bandung Rp 75.000
Angkot Leuwi Panjang – Prapatan Binong Rp 6.000
Angkot Prapatan Binong – Gatsu Rp 2.000
Total Pengeluaran Hari Kedua Rp 147.000

Total Biaya Keseluruhan Rp 650.000,-

Merayakan Ultah Niki Lovers
Phom Rak Khun Nikita Willy

AUTHOR - Nashir Ramadhan

WhatsApp: 085795021995 | Line Official: @nashir | Instagram: @nashirawks

No Comments

Post A Comment

Current day month ye@r *